Bumbu Dapur Menyehatkan

Kamis, 09 April 2015

Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk menyedapkan masakan kita sehari-hari ternyata mengandung gizi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Karena itu kita perlu mengetahui cara mengolahnya secara tepat. Berikut ini jenis bumbu dapur dan manfaatnya bagi kesehatan


1. Ketumbar
Biji ketumbar kaya dua senyawa utama, linaloon dan asam dekanoat. Kedua senyawa ini memiliki efek lama dikenal atau kolesterol yang menurunkan gula darah dan menurunkan. Untuk manfaat terapeutik, satu sendok teh atau dua biji ketumbar direndam semalam dan dikonsumsi keesokan harinya tampaknya berguna dalam menangani penyakit jantung dan diabetes.

2. Kunyit
Kunyit dikenal sebagai rempah-rempah dan obat-obatan. Kunyit juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung timbul dari kurkumin, senyawa aktif yang memiliki beberapa khasiat termasuk anti-oksidan, anti-pembekuan, anti-inflamasi, dan anti-proliferasi.

3. Lada Hitam
Piperin, komponen utama dalam lada hitam dan putih telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan obat. Beberapa studi ilmiah memberikan bukti bahwa lada hitam memiliki sifat menurunkan kolesterol dan dapat membantu dalam pemulihan fungsi jantung setelah serangan jantung.

4. Kayu Manis
Efek stimulan dari kayu manis telah dilaporkan dalam beberapa buku kesehatan. Kayu manis terbukti membantu dalam pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini juga membantu untuk meningkatkan resistensi insulin, sehingga sangat bermanfaat dalam manajemen diabetes.
Salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat terbaik dari rempah jenis ini, tambahkan kayu manis dalam teh hangat Anda.

5. Fenugreek
Biji fenugreek atau klabet telah digunakan secara luas untuk ekstrak dan serbuk untuk keperluan pengobatan sejak zaman kuno. Bubuk biji fenugreek telah dikenal untuk menurunkan kadar lipid serum seperti kolesterol total dan trigliserida.

6. Jintan hitam
Biji jintan hitam, juga dikenal sebagai jintan hitam. Sebuah studi baru-baru ini (2009) mengungkapkan bahwa biji jintan hitam memiliki efek beragam pada profil lipid. Jintan Hitam terbukti memiliki efek yang signifikan dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, kandungan pitosterol semakin memperkuat manfaat jintan hitam untuk jantung.

7. Jahe
Jahe terkenal penggunaannya pada penyakit seperti sakit tenggorokan, kram, nyeri, arthritis, gangguan pencernaan, muntah, atau tekanan darah tinggi. Senyawa bioaktif jahe termasuk gingerol, yang diyakini untuk merilekskan pembuluh darah, dapat merangsang aliran darah dan mengurangi rasa sakit. Jahe juga merupakan bahan anti-inflamasi yang baik.Rasa dan aromanya yang hangat dan pedas bisa dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Bahan aktif gingerol yang merupakan komponen jahe memiliki efek farmakologi dan pemberi rasa. Selain menjadi bumbu masak, tanaman herbal ini juga kerap diekstrak dan dijadikan bahan campuran ke dalam sirup obat batuk.Kandungan thromboxane A2 pada jahe juga mampu melancarkan peredaran darah dan mencegah migrain. Sedangkan kandungan minyak atsirinya berfungsi sebagai anti bakteri dan mampu meredakan nyeri. WHO menempatkan jahe sebagai tanaman obat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

8. Bawang Putih

Bawang putih dapat dijadikan sebagai tonik jantung dengan menjaga fluiditas darah dan memperkuat jantung. Allicin, senyawa yang mengandung sulfur adalah salah satu komponen kunci dari bawang putih. Senyawa ini dikenal dapat menurunkan kolesterol, anti-pembekuan, dan penurun tekanan darah.
Semoga bermanfaat. (

9. Jintan
Ada dua jenis jintan yang banyak digunakan, yaitu jintan putih (cuminum cyminum) dan jintan hitam (nigella sativa). Jinten putih mengandung 2.5 persen mintak atsiri yang terdiri dari cymol yang banyak digunakan sebagai bahan campuran parfum.
Dalam dunia kesehatan, jintan putih dipercaya berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, memperbaiki fungsi organ seksual, mengatasi gangguan pernapasan, batuk dan nyeri akibat gigi berlubang.
Selain itu jintan putih juga berkhasiat untuk memperbaiki fungsi saluran cerna, mengurangi timbunan gas di dalam usus, mengatasi insomnia hingga demam.
Sedangkan jintan hitam adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Jintan hitam dipercaya berasal dari Mediterania (sekitar laut tengah), sebelum akhirnya tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bentuknya kecil berserabut berukuran tidak lebih dari 3 mm.
Bijinya hitam pekat dan mengandung minyak atsiri, lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, jigelin, nigelon dan timokonon. Dengan kandungan tersebut jintan hitam dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk kekebalan tubuh.
Kandungan sterol dan saponin pada jintan hitam berguna untuk menetralkan dan membersihkan racun yang membahayakan tubuh. Jintan hitam banyak diekstrak dan dijual dalam bentuk kapsul agar lebih mudah dikonsumsi.

10. Kapulaga
Awalnya tanaman rempah ini merupakan tanaman liar yang dipandang sebelah mata. Rempah yang konon berasal dari Vietnam ini mempunyai banyak sebutan seperti kapol, palago, dan karkolaka.
Memiliki aroma wangi yang khas, menjadikan kapulaga sebagai salah satu rempah paling banyak digunakan terutama untuk memasak kari dan gulai di daerah Timur Tengah dan India. Aroma khas kue lapsi legit juga banyak dipengaruhi kapulaga.
Kapulaga mengandung minyak atsiri sebanyak 8 persen yang berisi sineol, terpineol, borneol, amylum, mangan, dan silikat. Kombinasi zat ini berkhasiat mengencerkan dahak, membersihkan darah, menghilangkan nyeri, mengatasi masuk angin dan menghangatkan tubuh. Jika dikonsumsi langsung bisa mengatasi bau mulut tak sedap.

11. Lada
Cita rasa pedas dan hangat menjadikan rempah yang satu ini disebut sebagai king of spices. Lada mengandung banyak senyawa kimia seperti kavisin, oleoresin, piperin, piperidin dan senyawa amida yang baik untuk meredakan rasa sakit.
Lada juga dikenal sebagai rempah afrodisiak, yakni makanan penambah gairah seksual, karena mengandung senyawa boron, calamene, dan vacrol. Ketiga senyawa tersebut dapat merangsang pengeluaran hormon androgen dan estrogen yang bisa membangkitkan gairah seksual pria dan wanita.


0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Hidup Sehat © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets