Ubi Ungu, Sayuran Terbaik Yang Terlupakan

Jumat, 30 Januari 2015

Ubi ungu memang agak sulit ditemukan di pasaran. Ubi ungu masih kalah popular dibanding dengan ubi oranye atau ubi putih, dan juga ubi cilembu. Namun tahukah anda bahwa ubi ungu kandungan antioksidan maupun gizinya jauh mengungguli semua jenis ubi? Bahkan oleh Asosiasi Ahli Gizi AS ubi ungu disebut sebagai “Sayuran Paling Baik Nilai Gizinya”



Umbi ubi ungu memiliki kandungan gizi dan antioksidan yang komplit. Yang membuat ubi unggu unggul dari yang lainnya justru adalah warna ungunya yang terbentuk dari zat antosionin yang bisa memerangi berbagai penyakit dan memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Selain itu ubi ungu kaya akan kandungan betakaroten, serat, karbohidrat kompleks, dengan indeks glikemik rendah, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan berbagai mineral. Tak heran bila ubi ungu memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Laman stokesfoods.com melansir hal-hal berikut in:
1. Ubi ungu mengandung zat anthocyanin yang terdapat pada warna ungunya.
2. Kandungan Anthocyanin tetap bisa bertahan sesudah dimasak atau dibekukan (Steed, 2008)
3. Kandungan Anthocyanin dalam ubi ungu 4 kali lebih besar dibanding ubi biasa.(Truong, 2009)
4. Konsumsi sedang dari produk  anthocyanin terbukti mengurangi penyakit kardiovaskuler dan memperbaiki fungsi penglihatan.  (Hou,2003)
5. Ubi ungu memiliki kandungan anthocyanins yang tinggi dan menunjukkan aktivitas memerangi radikal bebas karena itu mengurangi resiko berkembangnya penyakit kronis.  (Kano, 2005)
6. Anthocyanins dalam ubi ungu menunjukkan efek memperkuat ingatan, yang berkaitan dengan sifat antioksidan. (Cho, 2003)
7. Ubi ungu ditemukan memiliki komponen nutrisi yang dapat bersaing dengan makanan-makanan lainnya yang diketahui menjadi sumber antioksidan yang baik.  (Steed, 2008)
8. Ubi ungu juga bagus untuk penderita diabetis. Indeks Glikemiknya lebih rendah dibanding kentang. Karbohidrat dalam makanan dengan Indeks Glikemik rendah dicerna dengan lambat, membebaskan glukosa secara bertahap ke aliran darah.
9. Sumber terbaik dari zat-zat kimia yang baik bagi kesehatan terdapat pada makanan segar dibanding makanan suplemen yang harganya mahal. (Liu, 2004)

Secara lengkap ubi ungu memberikan manfaat kesehatan sebagai berikut:
1. Memperlambat penuaan
2. Mencegah dan mengobati kanker
3. Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik
4. Membantu mengurangi depresi.
5. Membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, seperti penyembuhan luka dan pemeliharaan tulang rawan, tulang dan gigi
6. Mencegah dan mengatasi gangguan persendian (arteriosklerosis) dan mengatasi gangguan asam urat.
7. Mencegah gangguan fungsi hati
8. Antihipertensi
9. Menurunkan kadar gula darah (antihiperglisemik)
10. Menurunkan resiko serangan diabetes
11. Meningkatkan daya ingat dan mencegah kemerosotan daya ingat dan kepikunan
12. Mencegah penyakit jantung koroner
13. Meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah kebutaan
14. Melindungi otak dari kerusakan
15. Mampu mencegah obesitas dan menurunkan berat badan
16. Menyerap kelebihan lemak/kolesterol darah

Karena kandungan gizinya yang tinggi dan manfaatnya yang besar bagi kesehatan jadikanlah ubi ungu menu sehari-hari anda. Ubi ungu bisa dihadirkan untuk sarapan sebagai penggnti nasi atau untuk makanan tambahan pada makan siang.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru

 
Hidup Sehat © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets